Tips dan Trick Cara Merawat Software Komputer | Dengan Baik Dan Benar

Tips dan Trick Cra Merawat Software Komputer | Setiap Komputer atau laptop pastinya mempunyai software-software tersendiri sesuai kebutuhan penggunanya tetapi jarang orang yang memperdulikan kesehatan softwarenya yang terkadang akan merusak system perahan-lahan. software merupakan bagian terpenting dari tiga unsur komputer. begitu banyaknya software yang ada pada era sekarang dan mempunyai funsi masing-masing tapi terkadang software tersebut di biarkan begitu saja tanpa di rawat software-software komputer oleh pengguna hal ini akan mengakibatkan hal-hal yang tidak bagus bagi PC anda. bahkan dengan merawat software komputer kita akan akan terjaga keawetanya dan stabilitasnya.di bawah ini sedikit uraian tata cara merawat software komputer anda:
Tips dan trick merawat software
Pemeliharaan Perangkat Lunak (Software )

  1. Dalam Menghidup dan memamatikan komputer sesuai prosedur yang benar. Pada sistem operasi Windows, lakukan selalu proses Shutdown sehingga saat menghidupkan kembali komputer tidak terjadi masalah dengan sistem operasi.
  2. Lengkapi Komputer anda dengan software anti virus. Dan secara berkala lakukan scanning terhadap file-file yang ada pada komputer sehingga kemungkinan keberadaan virus dapat terdeteksi lebih dini. Sebaiknya kurangi transfer dengan media disket.
  3. Pada komputer/ PC gunakan selalu UPS dan Stavol untuk Untuk keamanan data agar jika sewaktu-waktu aliran listrik padam, masih ada cukup waktu untuk menyimpan pekerjaan lalu melakukan Shoot Down sesuai prosedur.
  4. Lakukan backup data secara berkala. Hal ini berguna untuk menjaga kemanan data, mengurangi penggunaan kapasitas media penyimpan dan memudahkan pendistribusian data jika dibutuhkan.
  5. Lakukan penataan disk (hard disk drive) secara rutin. Karena seperti telah diuraikan di muka, proses hapus tulis pada media penyimpan (hard diskdrive), mengakibatkan susunan atau struktur file menjadi tidak teratur. Gunakan program bantu seperti Scandisk dan Defrag.
  6. Tidak instal software-software yang tidak perlu atau jarang di gunakan. Semakin padat sistem konfigurasi perangkat lunak pada sistem operasi, akan memperlambat kinerja komputer.
  7. Selalu cek pada Recycle Bin jika sudah Over maka hapus semua file sampah tersebutat.

Yang dimaksud dengan file sampah disini adalah file yang tidak diperlukan lagi dalam sistem ini. Periksa dan hapus dengan fasilitas pencarian Windows. Lakukan langkah-langkah di bawah ini:

  • Klik menu [start], [search], [files or folders...]
  • Pada kotak dialog Search criteria : All files, ketik .TMP, .SYD, .OLD, .BAK, .CHK, *~.*, *.~*, *.$$$ pada boks Named, klik [Find Now]. Teks di atas adalah format untuk file sementara dan backup di komputer.
  • Jika terdapat file sampah di hard disk drive, hapus dengan menekan [Ctrl] + [A] untuk menyeleksi semua file, lalu klik kanan dan pilih [Delete]. Untuk menghapus secara permanen, setelah seleksi tekan [Shift] + [Delete].
  • Dapat juga menggunakan Tune Up Utilities 2004 untuk menghapus file-file yang tidak berguna lagi

Tidak hanya bersih, komputer juga perlu sehat. Untuk itu lakukan perawatan dengan fasilitas yang tersedia pada komputer. Ikuti langkah-langkah berikut:

  • Klik kanan pada ikon My Computer dan pilih Explore
  • Klik kanan ikon hard disk drive [C], lalu pilih [Properties]
  • Klik tab [General] Disini akan teriihat kapasitas hard disk drive, baik yang sudah terisi maupun yang masih kosong.
  • Klik tombol [Disk Cleanup] maka secara otomatis komputer akan mencari semua file yang harus dibuang dari drive [C]
  • Muncul kotak dialog “Disk Cleanup for System (C): ” dengan daftar file yang bisa dihapus dari sejumlah folder.
  • Pastikan memberi tanda centang pada semua kotak File for Delete, lalu klik [OK]. Jika muncul kotak dialog konfirmasi, klik [Yes].
  • Kembali ke kotak dialog Properties hard disk drive, klik tab [Tools]. Periksa apakah ada kerusakan sistem atau tidak dengan meng-klik [Check Now] pada menu Error Checking.
  • Muncul kotak dialog Chek Disk System (C), beri tanda centang pada kedua pilihan [chek disk option]kemudian klik tombol [Start].
  • Sekarang rapikan susunan file di hard disk drive. Balik ke kotak dialog Properties hard disk drive, dan klik [Tools], [Defragment Now]. Tujuannya adalah mengumpulkan ke grupnya masing-masing seluruh file-file yang tercecer sehingga sistem lebih mudah, cepat, dan lancara saat membuka aplikasi dan file. Tunggu sampai proses selesai.
Sekian untuk tips dan trick merawat software komputer dengan baik, Dari Uraian di atas saya harap dapat membantu anda dalam merawat software-software komputer anda.



Berlangganan artikel via email :

Delivered by Daftar Harga

Share On:

Related Post:

Belum ada komentar untuk "Tips dan Trick Cara Merawat Software Komputer | Dengan Baik Dan Benar"

Post a Comment

 
 
All Right Reserved - Daftar Harga | Nhupy's Blog
Design by Daftar Harga | Powered By Blogger.com